AL HUDA

Jetis Kutosari Kebumen

Selamat Datang di Website Pondok Pesantren Al Huda Jetis Kutosari Kebumen

Anak-Anak Dipaksa Kerja Selama Musim Haji

Sejumlah orang tua di Arab Saudi memaksa anak-anak mereka bekerja sebagai pengemis di tempat-tempat suci, sebagaimana ditemukan oleh wartawan lokal.

Dalam perjalanan media ke Arafah dan Muzdalifah baru-baru ini, terlihat banyak anak berdiri dibalik dinding, berjualan minuman dingin, makanan, HP, charger HP, sepatu, payung, dan kasur seperti dilaporkan oleh arabnews..

Dr Mufleh Al-Qahtani, presiden Masyarakat Nasional untuk Hak Asasi Manusia meminta pemerintah mengatasi masalah ini. Al-Qahtani mengatakan, pekerja anak dilarang dalam UU Saudi dan charter internasional hak asasi manusia.

Salah Mohammad, 8 tahun dari Myanmar mengeluh kepada para wartawan tentang kondisi kerja yang panas terik dan di tumpukan sampah. Dia mendapatkan pesan dari ibunya bahwa musim haji merupakan kesempatan besar untuk memperoleh uang bagi keluarga.

“Selama musim haji, saya menjual nasi masakan ibu saya, yang banyak menjadi pilihan bagi jamaah haji asal Asia Tenggara. Saya juga menjual manisan dan minuman dingin,” katanya.

Mohammad, yang baru duduk di kelas dua di Al-Rusaifah di lingkungan Makkah mengatakan, penjualannya sehari mencapai sekitar SR1,500 atau sekitar Rp4.5 juta dan jumlah yang terkumpul akan mencapai SR10,000 atau sekitar Rp30 jutaan di akhir musim haji. Dia menyerahkan uang ini kepada kakaknya, yang mentransfer uang tersebut kepada ayahnya di Myanmar, yang memiliki masalah keuangan dan kesehatan. Dia mengatakan, ayahnya tidak bisa keluar dari Myanmar karena masalah keamanan.

Fayez Al-Aqil, aktifis HAM mengatakan, kemiskinan yang menciptakan keadaan seperti ini. Seringkali anak-anak dipaksa mengemis dengan kedok bekerja.

Dia mengatakan, banyak orang tua dan anggota keluarga merupakan orang yang kurang terdidik dan tidak sadar bahasa kesehatan dan psikologis yang dialami oleh anak-anak tersebut.

Dr Mohammad Al-Sibai, seorang dokter penyakit anak mengatakan, anak-anak lebih rentan terkena penyakit karena sistem kekebalan yang lemah. Ia menambahkan, anak-anak memerlukan asupan nutrisi yang berbeda daripada orang tua dan memerlukan tidur lebih dari 12 jam sehari. Bekerja diantara jamaah haji sangat berbahaya, karena rentan terkena berbagai macam penyakit.

Pin It

Add comment


Security code
Refresh

Home | About us | Contact me

Copyright © 2016. Pondok Pesantren Al Huda.

Jetis, Kutosari, Kebumen, Jawa Tengah Tlp (0287) 384964